Kebahagiaan VS Penderitaan

Oneself indeed is master of oneself, who else could other master, being? With oneself perfected tr...


Oneself indeed is master of oneself, who else could other master, being? With oneself perfected trained, one obtains a refuge hard to gain.
“Diri sendiri adalah pelindung bagi diri sendiri, karena siapa pula orang lain yang dapat menjadi pelindung ? Setelah dapat melatih diri dengan baik, seseorang niscaya akan memperoleh perlindungan yang sukar dicari”. ATTA VAGGA XII : 160

Didasarkan oleh apa yang diperbuat, itulah yang nantinya akan menentukan corak kehidupan seseorang, baik di kehidupan ini maupun mendatang. Jika senantiasa senang dan suka berbuat kebaikan maka KEBAHAGIAAN lah buah / hasilnya dan begitu pula sebaliknya, si penabur atau si penyemai bibit – bibit kejahatan, pasti akan merasakan betapa menderitanya buah / hasil dari kejahatan itu.

Atau KEBAHAGIAAN dan PENDERITAAN, kitalah penentunya. Agar kehidupan ini senantiasa dipenuhi oleh KEBAHAGIAAN dan bebas dari PENDERITAAN maka :

1. HIDUP. Selalulah hidup untuk saat ini. Menyesali yang telah berlalu dan mencemasi yang akan datang adalah perbuatan sia – sia / mubazir karena tidak akan mengubah yang keadaan. Jika dihari ini merasa kurang bahagia, itu menandakan bahwa kehidupan yang telah dilalui selama ini, kwalitas dan kwantitas kebajikan masih kurang. Tindakan yang seharusnya dilaksanakan, tiada lain adalah SADAR dan bertekad melakukan kebajikan yang sebanyak – banyaknya serta menyadari / meyakini bahwa perbuatan baik itu adalah cikal bakal dari timbulnya KEBAHAGIAAN.

2. NIKMATI. Apapun yang dialami / terjadi, nikmati. Jika tidak sesuai dengan keinginan, sadari bahwa itu adalah momentum pelunasan karma jelek. Tetapi jika yang menyenangkan, syukuri. Menyenangkan atau tidak, tetap bertekad senang dan mau berbuat baik karena keesokan harinya atau lusa APAKAH akan semakin baik atau tidak,s sangatlah ditentukan oleh apa yang diperbuat disaat ini. Apa yang ditanam, itulah yang akan dipetik hasilnya.

3. KESEHATAN. Agar pikiran bisa senantiasa terkontrol dan terbina dengan baik maka kondisi kesehatan harus benar – benar diperhatikan. Persentase keberhasilan dalam penyemaian bibit – bibit kebajikan akan tinggi jika kondisi kesehatan senantiasa prima / fit.

4. SPIRITUAL. Dari hari ke hari, kwalitas spiritual harus senantiasa ditingkatkan agar apa yang dikontribusikan dalam kehidupan ini selain kadar bermanfaatnya semakin meningkat bagi diri sendiri tetapi juga bagi makhluk hidup lainnya. Manusia yang sesungguhnya adalah manusia yang keberadaannya selain bermanfaat bagi dirinya sendiri tetapi juga bagi makhluk – makhluk hidup lainnya.

5. MAAF. Hidup tidak terlepas dari Hukum Karma. Jika kita diperlakukan yang tidak sewajarnya, kemungkinannya adalah 2 (dua). Yang pertama : Saat itu kita lagi melunasi karma jelek dan Yang kedua : Kita melakukan kesalahan, baik disadari maupun tidak. Menyikapi kedua kondisi ini, maafkan apapun yang terjadi pada diri kita. Semakin kuat kebencian / niat balas dendam ditimbulkan maka akan semakin kuat penderitaan menggari bathin kita.

6. RILEKS. Apa yang terjadi atau dialami, umumnya diluar dari prediksi. Ada yang menyenangkan dan ada pula yang tidak menyenangkan. Semuanya, hadapi dan sikapi dengan rileks dan jangan sampai stress.

7. PENILAIAN. Jangan terlalu cepat menilai seseorang karena APA yang kita nilai baik, belumlah tentu baik dan begitu juga sebaliknya. Kalaupun mau lai seseorang, nilailah secara objektif (* Berdasarkan apa yang dikontribusikan) bukan subjektif (* Berdasarkan penampilan luar semata – mata).

8. BERDANA. Jika berbuat baik, berbuat baiklah secara universal yang tanpa adanya niat – niat terselubung atau adanya pamrih akan ini dan itu. Suatu kondisi bisa menerima karena pernah memberi. Semakin banyak yang diberikan maka akan semakin banyak pula yang diterima, itulah konsepsi dasar dari Hukum karma.

9. CINTA KASIH. Pancarkanlah selalu cinta kasih universal ke segala penjuru, kepada yang dikasihi maupun musuh, dikenal atau tidak dikenal dan lain sebagainya. The victor begets hate, while the defeated lives in distress. Happily the peaceful lives, having given up victory and defeat. “Kemenangan membangkitkan kebencian, sedangkan pihak yang kalah hidup dalam penderitaan. Dengan menanggalkan kemenangan dan kekalahan, seseorang yang batinnya penuh kedamaian niscaya hidup berbahagia”. SUKHA VAGGA XV : 201

Selamat menyemai bibit – bibit kebajikan dan semoga bermanfaat bagi semua makhluk hidup. Sabbe satta sabba dukkha pamuccantu – sabbe satta bhavantu sukhitata : semoga semua makhluk hidup terbebaskan dari derita dan semoga semuanya senantiasa berbahagia,.....sadhu,...sadhu,....sadhu,....

* Untuk konsultasi gratis, silakan email : dm.peterlim@gmail.com atau HP 0812 600 2482

COMMENTS

Beli tiket Online? Ini solusinya.

Name

Amerika Belajar Bukan Puisi Cerita Kaki Kepala Hak Asasi Manusia Human Error Info Seputar Papua Isi Pikiran Jejak Rakyat Papua Legal Issue Lingkungan NKRI Opini Papua Papua 1969 Pendidikan Pengurasan Isi Bumi Papua Pepera Pilihan Sejarah Sosok Timor Leste Tokoh Revolusioner
false
ltr
item
Paschallist Blog: Kebahagiaan VS Penderitaan
Kebahagiaan VS Penderitaan
http://3.bp.blogspot.com/_Kfi7XYct-oA/SjzKYGIM5hI/AAAAAAAAAHE/YX0RzoQA2nE/s320/daly_-_rain_rain_go_away.jpg
http://3.bp.blogspot.com/_Kfi7XYct-oA/SjzKYGIM5hI/AAAAAAAAAHE/YX0RzoQA2nE/s72-c/daly_-_rain_rain_go_away.jpg
Paschallist Blog
http://paschall-ab.blogspot.com/2009/06/kebahagiaan-vs-penderitaan.html
http://paschall-ab.blogspot.com/
http://paschall-ab.blogspot.com/
http://paschall-ab.blogspot.com/2009/06/kebahagiaan-vs-penderitaan.html
true
4354402117659953645
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy