Wajah Genoside di Papua

Apakah Indonesia sudah merdeka? Jika kematian rakyat Papua dianggap hal biasa oleh Jakarta.

Ingatan kolektif pengalaman buruk bersama militer Indonesia di Papua tidak pernah terlupakan oleh orang Papua, bahwa dalam seluruh pengalaman buruk dan pahit oleh militer Indonesia, orang Papua diperlakukan bukan sebagai manusia, melainkan hanya sebagai objek, yaitu objek operasi militer..

Dalam operasi militer di tahun 1977-1978 adalah operasi militer paling buruk dan menyakitkan bagi orang Papua. Dalam setiap operasi militer masyarakat di bunuh dan dibantai. Di daerah selatan Jayapura yang berdekatan diterjunkan 10.000 orang tentara setelah membombardir dari udara oleh dua pesawat Bronco. Dalam penyerangan ini, diperkirakan 1.605 di wilayah itu tewas.

Negara tidak pernah mau bertanggungjawab atas sejumlah pelanggaran HAM di Papua. Begitupun dengan di Aceh, Tanjung Priok., pembunuhan terhadap Theys Hiyo Eluai diera Megawati Sukarno Putri. Bahkan Pengasutan Kematian Aktivis HAM Munir lamban dituntaskan akibat ketidak seriusan aparat terkait ”BIN” dalam membuka masalah ini.

Indonesia sudah merdeka? Tunjukan kemandirian bangsa dalam melindungi rakyat. Begitu juga tunjukan ketidaksetujuan Indonesia terhadap Bangsa Papua. Daripada ketidaksetujuan itu hanya ada dalam irama pembantaian dan pemusnahan RAS (Genosida). Sekarang pembunuhan itu semakin diperhalus melalu Biomiliterisme.

Kematian dan menurunnya produktifitas karena kekerasan akibatnya penduduk asli Papua tidak bertambah banyak, saat ini berjumblahnya 1,2 juta jiwa, penduduk pendatang 1,3 juta jiwa ini yang terdata. Tidak termasuk penduduk luar yang setiap minggu datang melalui kapal putih dan belum terdata. Sedangkan jumlah militer di tanah Papua menurut Pangdam XVII Trikora yang terdata sekitar 70.000 jiwa (Wartawan Suara Perempuan).

Jelas sudah orang Papua menuju kepunahan! 
Bahwa sekarang di era otonomi ini, pembunuhan terhadap orang Papua lebih diperhalus melalui Bio-militerisme. Aksi Bio-militerisme dilakukan melalui makanan, minuman, rokok yang di jual di warung dan kios-kios di Papua, bahkan di pedalaman Papua masih ada peredaran obat yang sudah keadaluarsa. Hal ini makin membuat masyarakat Papua sangat resah.

Satu hal yang sangat mengkhawatirkan adalah penyebaran HIV/AIDS. Sampai sekarang ini berdasarkan data Dinas Kesehatan Papua mencatat hingga 2007 jumlah penderita HIV/AIDS sudah mencapai lebih dari 3.000 jiwa.

Jika kita melihat pola aksi terselubung ini, makin membuktikan jika rakyat Papua adalah sapi perah negara-negara kapitalis yang diperbantukan imperialis.

Tanpa niat politik yang baik, tak akan ada kemajuan bangsa!!

*Photo: rwanda-genocide-skulls (Ist)

COMMENTS

BLOGGER: 2
Loading...

Beli tiket Online? Ini solusinya.

Name

Amerika Belajar Bukan Puisi Cerita Kaki Kepala Hak Asasi Manusia Human Error Info Seputar Papua Isi Pikiran Jejak Rakyat Papua Legal Issue Lingkungan NKRI Opini Papua Papua 1969 Pendidikan Pengurasan Isi Bumi Papua Pepera Pilihan Sejarah Sosok Timor Leste Tokoh Revolusioner
false
ltr
item
Paschallist Blog: Wajah Genoside di Papua
Wajah Genoside di Papua
Apakah Indonesia sudah merdeka? Jika kematian rakyat Papua dianggap hal biasa oleh Jakarta.
https://2.bp.blogspot.com/-UONil2Yv2eo/WB6RvBofhJI/AAAAAAAAHAw/64jvDQkMVHYlv-ogZ5BuNBtXwK1O_r0TACLcB/s400/rwanda-genocide-skulls.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-UONil2Yv2eo/WB6RvBofhJI/AAAAAAAAHAw/64jvDQkMVHYlv-ogZ5BuNBtXwK1O_r0TACLcB/s72-c/rwanda-genocide-skulls.jpg
Paschallist Blog
http://paschall-ab.blogspot.com/2009/08/wajah-genoside-di-papua.html
http://paschall-ab.blogspot.com/
http://paschall-ab.blogspot.com/
http://paschall-ab.blogspot.com/2009/08/wajah-genoside-di-papua.html
true
4354402117659953645
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy