Menulis itu susah atau Susah Menulis?


Bertutur kata adalah hal yang mudah tetapi untuk tulis dalam merangkai kalimat jadi paragraf adalah hal yang sulit dan butuh komitmen.. ya… butuh komitmen,, "iyo k? trada?" Karena itu saya kutip kata Pramoedya Ananta Toer. 
Seberapa keji dan sakit kau ditindas, menulislah dengan berani. Sebab ketakutan itu sendiri sudah merupakan penyakit.
Menurut beberapa nara sumber dari  pelatihan menulis yang saya ikuti, menulis itu  mudah. yang mudah untuk kalangan mana dulu? Tidak! Sulit... terserah mau sepakat atau tidak? intinya untuk saya menulis itu sulit. "Nah.. su mulai serius ni." Mengapa saya katakan sulit menulis? karena tulisan pertama saya di Blog pertama kacau dan ada arsipnya. Tentu bukan di Blog ini... malu..boss hahaha..   yang akhirnya saya privat baca untuk kalangan sendiri alias pribadi.  

Sebenarnya kutipan dari Pram diatas tidak nyambung dengan isi konten yang saya maksud, tetapi ternyata saya menulis untuk melawan. ya.. Lawan! Lawan penindasan otak! Dan saya mulai sadar karena beberapa status facebook saya yang menjadi isi blog. Dan lebih menakutkan itu, ternyata saya tidak jujur dalam isi konten blog awal-awal karena penuh dengan copy-paste.. rrrrrrrrrrrrrr.. parahhh..  Tapi tidak semuanya hasil salinan tulisan orang. Akhir kata dari tulisan via Blackberry "mari mulai menulis karena tidak perlu butuh motivasi, menulis untuk melawan!"